top of page
Search
Writer's pictureLaboratorium Lingkungan

DO Meter - Dissolved Oxygen Meter

Updated: Feb 1, 2021

DO Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen terlarut (dissolved oxygen) dalam air atau larutan

Alat DO Meter - Alat Laboratorium Lingkungan Hidup

Pengertian dan Fungsi DO Meter

DO (Dissolved Solid) didefenisikan sebagai jumlah oksigen terlarut dalam air atau suatu perairan. Oksigen larut ke dalam air melalui proses fotosintesis dan difusi oksigen dari udara. Tumbuhan-tumbuhan air seperti alga misalnya, menghasilkan oksigen yang larut ke dalam air melalui fotosintesis. Selain itu, gelombang ombak, air terjun, pusaran angin, dan fenomena alam lain juga mendorong oksigen untuk larut ke dalam air.

Besarnya jumlah oksigen yang tersedia dalam suatu badan air, menjadi gambaran sejauh mana badan air mampu menampung biota air seperti ikan dan mikroorganisme. Selain itu, kemampuan air untuk membersihkan pencemaran juga ditentukan oleh banyaknya oksigen yang terkandung didalamnya. Semakin besar nilai DO pada air, mengindikasikan air tersebut memiliki kualitas yang bagus. Sebaliknya jika nilai DO rendah, maka dapat dinilai bahwa air tersebut telah tercemar.

Fungsi DO Meter adalah untuk mengukur kadar oksigen terlarut dalam air atau larutan. Mengukur DO dengan DO Meter, umumnya dalam bentuk konsentrasi yang dinyatakan dengan μS/cm (mS/cm) atau g/ml (ppm). Nilai konsentrasi DO ini dapat juga dikonversikan dalam bentuk saturasi (kejenuhan) oksigen yang dinyatakan dengan persen (%).


Cara Penggunaan DO Meter

Secara teknis, prinsip kerja dan cara pengunaan DO Meter dalam pengukuran kurang lebih sama dengan alat pH Meter. Alat ini juga menggunakan probe, disebut oxygen probe (batang oksigen) yang terhubung dengan unit (mesin) alat. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan detektor/sensor katoda dan anoda yang terdapat dalam oxgen probe. Pengukuran dilakukan dengan mencelupkan oxgen probe ke dalam air atau perairan yang diteliti. Selanjutnya, hasil pengukuran probe akan diolah di unit alat dan ditampilkan secara numerik pada display.


Bentuk dan Model DO Meter

Kadar oksigen terlarut (dissolved solid) dalam air sangat dipengaruhi atau terkait dengan dengan banyak faktor, diantaranya faktor suhu dan kandungan zat-zat organik yang ada didalamnya. Karenanya, beberapa model alat DO Meter yang dikembangkan saat ini juga dilengkapi kemampuan untuk melakukan pengukuran parameter lain yang berpengaruh.

Berikut adalah rekomendasi model DO Meter dari sejumlah brand produksi yang besertikasi internasional :

Jika membutuhkan informasi lebih detail silahkan Hubungi Kami.


362 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page