top of page
Search
Writer's pictureLaboratorium Lingkungan

PH Meter - Power of Hydrogen Meter

Updated: Jan 31, 2021

PH Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur derajat pH (power of hydrogen) atau tingkat keasaman dan kebasaan suatu larutan atau air (sampel) pada suatu perairan.


Alat PH Meter - Alat Laboratorium Lingkungan Hidup

Pengertian dan Fungsi pH Meter

pH (Power of Hydrogen) sebagai sebuah parameter adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan atau air dalam suatu perairan. pH adalah kologaritma aktivitas ion hidrogen (H+) yang terlarut. Kita tidak dapat mengukur koefisien aktivitas ion hidrogen secara eksperimental, sehingga nilainya kita dasarkan pada perhitungan teoretis.

Ukuran pH dinyatakan dalam rentang nilai dibawah 7,0 dan diatas 7,0. Air murni bersifat netral, dimana pH-nya pada suhu 25 °C ditetapkan sebagai 7,0. Sementara zat cair dengan pH kurang daripada 7,0 disebut bersifat asam, dan larutan dengan pH lebih daripada 7,0 dikatakan bersifat basa atau alkali.

Fungsi pH Meter adalah mengukur derajat pH atau tingkat keasaman dan kebasaan suatu larutan atau air pada suatu perairan. Mengukur parameter pH sangatlah penting dalam bidang yang terkait dengan kehidupan atau industri pengolahan seperti kimia, biologi, kedokteran, pertanian, ilmu pangan, rekayasa (keteknikan), dan oseanografi. Tentu saja, bidang-bidang sains dan teknologi lainnya juga memakai, meskipun dalam frekuensi yang lebih rendah.


Cara Penggunaan pH Meter

Secara mendasar, alat ini terdiri atas komponen unit (mesin) sebagai media pengaturan dan pembacaan, serta komponen elektroda (electrode) atau probe sebagai komponen pengukuran. Prinsip kerja utama pH Meter adalah terletak pada sensor probe berupa elektroda dengan jalan mengukur jumlah ion H3O+ di dalam larutan.

Mengukur pH dengan alat pH meter cukup mudah. Dimana, kita hanya perlu mencelupkan elektrode kedalam larutan sampel atau air di suatu perairan terbuka. Dalam prosesnya, elektrode akan mentrasfer kadar pH yang diukur dan diolah di komponen unit (mesin) alat. Selanjutnya dengan teknologi microprocessor, display pembacaan akan menampilkan hasil pengolahan tersebut dalam bentuk nilai numerik.


Bentuk dan Model pH Meter

Berdasarkan bentuk, alat ukur pH ini kita bisa bedakan dalam 3 bentuk. Pertama, bentuk pH Meter Portable yang dapat kita bawa kemana-mana, ke site-site pengukuran; Kedua, bentuk pH Meter Bench (Benchtop) yang sifatnya tetap, dimana kita hanya bisa menempatkannya di ruangan atau laboratorium untuk pengukuran sampel; dan Ketiga bentuk Pocket (saku) dengan bentuk lebih simpel berukuran mini yang dapat kita bawa kemana-kemana, namun memiliki kebatasan pada akurasi dan parameter pengukuran lain.

Berikut adalah rekomendasi model pH Meter dari sejumlah brand produk, khususnya yang berbentuk Portable maupun Benchtop :

Tutorial penggunaan Bench pH Meter dapat dilihat melalui video pada channel Youtube kami https://www.youtube.com/channel/UCvL_nwlqSgkq0F3V6w_NxZA. Jika membutuhkan informasi lebih detail silahkan Hubungi Kami.


264 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page