top of page
Search
Writer's pictureLaboratorium Lingkungan

Hidrometer - Hydrometer ASTM

Updated: Jan 31, 2021

Hidrometer - Hydrometer ASTM adalah alat yang digunakan untuk mengukur massa jenis (densitas) suatu zat cair mineral oil.

Alat Hidrometer ASTM - Alat Laboratorium Lingkungan Hidup

Fungsi dan Bentuk Hidrometer - Hydrometer ASTM

Hidrometer (Hydrometer) adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur massa jenis (densitas) suatu zat cair. Nilai densitas dimaksud, dapat diketahui dengan membaca skala pada hidrometer. Unit pengukuran sebuah hidrometer umumnya dinyatakan dalam satuan g/ml (kg/liter) dan atau specific gravity (Sp.Gr). Densitas dalam hal ini, berbeda dengan Viskositas (kekentalan) suatu cairan.

Hidrometer - Hydrometer ASTM berbentuk tabung kaca yang didesain khusus dan unik. Bagian bawah tabung dibuat lebih besar agar terjadi gaya desakan ke atas yang lebih besar. Desakan gaya ke atas ini, memungkinkan hidrometer dapat tetap mengapung di dalam zat cair. Kemudian, agar tabung kaca terapung tegak di dalam zat cair, maka bagian bawah tabung dibebani dengan butiran timbel (timah). Sementara bagian atas tangkai tabung hidrometer didesain dengan diameter yang lebih kecil agar perubahan kecil yang terjadi pada hidrometer yang dicelupkan, menghasilkan perubahan besar pada kedalaman tangkai yang tercelup. Lebih jelasnya, ukuran perubahan kedalaman tangkai yang tercelup, itulah ukuran nilai massa jenis zat cair yang diukur.


Kita tentunya tidak perlu menghitung ataupun menganalisis nilai massa jenis tersebut. Karena pada tangkai hidrometer sudah tertera hitungan skala, dimana didalamnya terdapat cairan indikator pengukuran dengan massa jenis yang telah diketahui.


Cara Penggunaan dan Model Hidrometer - Hydrometer ASTM

Cara penggunaan fungsi hidrometer, pertama adalah dengan menuangkan sampel zat cair yang akan diuji ke dalam wadah tinggi, seperti gelas ulur (measuring cylinder). Kemudian bagian bawah hidrometer yang berbentuk lebih besar, dicelupkan kedalam wadah sampai mengapung bebas. Selanjutnya, titik dimana permukaan sampel zat menyentuh batang hidrometer, itulah yang dicatat sebagai nilai densitas. Hidrometer umumnya sudah dilengkapi bacaan skala di dalam batang (tangkai), sehingga nilai densitasnya dapat langsung dibaca.


Bagi anda yang memiliki kebutuhan alat sejenis, kami merekomendasikan Hidrometer ASTM - ASTM Hydrometer dari brand produksi ALLA France. Alasannya, karena tersedia lengkap hingga 30 range pengukuran. Disamping itu, memiliki akurasi (division) hingga 3 digit (0.005). Berikut gambaran spesifikasi teknisnya :

  • Nama produk : ASTM Hydrometer (Hidrometer ASTM)

  • Standardisasi : ASTM E11

  • Unit penukuran : g/ml

  • Range pengukuran : 0.600 sampai dengan 2.000 g/ml (tergantung jenis peruntukan/zat cair)

  • Division/Accuracy : 0.005 g/ml

  • Length (tinggi) : 300 – 335 mm

Jika membutuhkan informasi lebih detail silahkan Hubungi Kami.


1,318 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page