top of page
Search
Writer's pictureLaboratorium Lingkungan

Refraktometer - Refractometer

Updated: Feb 1, 2021

Refraktometer – Refractometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kadar atau konsentrasi bahan (zat) padat terlarut melalui pembiasan cahaya.

  • Refraktometer - Refractometer BRIX digunakan untuk mengukur kadar (konsentasi) Gula padat yang terlarut dalam suatu larutan (sukroso).

  • Refraktometer - Refractometer SALT digunakan untuk mengukur kadar (konsentasi) Garam padat yang terlarut dalam suatu larutan (salinitas).


Alat Refraktometer - Alat Laboratorium Lingkungan Hidup

Pengertian dan Fungsi Refraktometer – Refractometer

Refraktometer – Refractometer terbagi atas 2 jenis, yakni : (1) Refraktometer – Refractometer BRIX dan (2) Refraktometer – Refractometer SALT. BRIX adalah zat padat gula kering yang terlarut dalam suatu larutan yang dihitung sebagai sukrosa. Sukrosa lasim kita kenal sebagai Gula meja (pasir), suatu senyawa gabungan dari dua molekul, yakni glukosa dan fruktosa. Pengukuran Brix dengan Refractometer Brix dinyatakan dalam satuan persen (%).

SALT adalah adalah singkatan dari Salinitas yang lasim kita kenal sebagai garam meja. Salinitas adalah kadar garam padat yang terlarut dalam suatu larutan (air), yang dalam bentuk senyawa disebut NaCl (Natrium chlorida). Sementara secara matematis, Salinitas didefenisikan sebagai berat dalam gram (gr) dari semua zat padat NaCl yang terlarut dalam 1 kg/1000 gr air. Nilai salinitas hasil pengukuran refkatometer dinyatakan satuan part per mill (‰) atau ppt (part-per-thousand). Untuk sejumlah Refractometer Salt modern juga dilengkapi dengan satuan pengukuran Specific Gravity (SpGr). Refraktometer Salt umumnya digunakan untuk sampel air laut atau perairan dengan kandungan garam tinggi.


Cara Penggunaan Refraktometer – Refractometer

Prinsip kerja refraktometer adalah pembiasan (refraksi) cahaya. Nilai kadar atau konsertasi suatu bahan (zat) terlarut yang diukur dengan refraktomer, sangat tergantung pada indeks biasnya. Indeks bias dalam hal ini adalah kemampuan cahaya merambat dalam suatu zat berdasarkan molekul-molekul penyusun zat tersebut. Guna mendukung prinsip kerjanya, maka perangkat pengukuran/pembacaan refraktometer didesain berupa bidang prisma yang berfungsi untuk pembacaan skala dari zat terlarut dan mengubah cahaya polikromatis (matahari/cahaya lampu) menjadi monokromatis. Pola pengubahan cahaya tersebut kurang lebih sama dengan pola kerja Turbidimeter.

Cara pengunaan Refractometer - Refractometer adalah dengan menempatkan sampel larutan yang akan diukur konsentrasinya (sekitar 1 - 2 ml) pada kaca obyek yang terletak di salah satu ujung unit alat. Selanjutnya, nilai kadar (konsentrasi) pengukuran akan dilihat dengan cara meneropong pada ujung yang lain. Nilai pengukuran akan terlihat secara analog sesuai dengan satuan pengukurannya.


Bentuk dan Model Refraktometer – Refractometer

Bentuk refraktometer yang umum digunakan adalah refraktometer genggam atau Hand Refractometer yang berbentuk seperti teropong, begitupun cara penggunaannya yang serupa dengan penggunaan teropang. Didesaian dengan bobot yang minimalis, sehingga bisa digengam (hand held) atau dibawah berpindah pindah (portable).

Bagi Anda yang memiliki kebutuhan Refraktometer-Refractometer SALT ataupun Refraktometer-Refractometer BRIX, kami merekomendasikan dari brand produksi ATAGO Japan yang telah dikenal dan secara konsisten memproduksi alat sejenis selama puluhan tahun. Hand Refractometer produksi ATAGO selain didesain menarik dengan tingkat akurasi tinggi, juga disempurnakan dengan teknologi sinar optik dan Automatic Temperature Compensation (ATC).

Berikut adalah 4 jenis model pilihan Hand Refractometer ATAGO :

  1. ATAGO Handheld Refractometer SALT – MASTER-S/MillM (ATC). Scala Salinity : 0 – 100‰ and Specific gravity 1.000 – 1.070; Resolution Salinity 1‰ and Specific gravity 0.001

  2. ATAGO Handheld Refractometer SALT – MASTER-S/Mill Alpha (ATC and Water Resistant). Scala Salinity : 0 – 100‰ and Specific gravity 1.000 – 1.070; Resolution Salinity 1‰ and Specific gravity 0.001

  3. ATAGO Handheld Refractometer BRIX – MASTER-M (ATC). Scala Brix : 0 – 33.0%; Resolution 0.2‰

  4. ATAGO Handheld Refractometer BRIX – MASTER-20 Alpha (ATC and Water Resistant). Scala Brix : 0 – 20.0%; Resolution 0.1‰

Jika membutuhkan informasi lebih detail silahkan Hubungi Kami.


1,957 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page