top of page
Search
Writer's pictureLaboratorium Lingkungan

TSS Meter Monitor

Updated: Feb 1, 2021

TSS Meter Monitor adalah alat yang digunakan untuk mengukur nilai konsentrasi padatan tersuspensi total atau Total Suspended Solids (TSS) dalam air pada suatu perairan.


Alat TSS Meter Monitor - Alat Laboratorium Lingkungan Hidup

Pengertian Total Suspended Solid - TSS dan Fungsi TTS Meter Monitor

Total Suspended Solids (TSS) atau padatan tersuspensi total adalah residu dari padatan total yang tertahan oleh saringan dengan ukuran partikel maksimal 2 μm (micrometer), atau lebih besar dari ukuran partikel koloid. Partikel TSS umumnya adalah unsur lumpur, tanah liat, logam oksida, sulfida, ganggang, bakteri dan jamur. Sumber utama partikelnya, selain akibat sedimentasi adalah akumulasi buangan limbah industri dan limbah rumah tangga yang masuk ke perairan. TSS dalam hal ini menjadi kontibutor utama terjadinya kekeruhan atau Turbiditas (Turbidity) perairan.

Jika kandungan TSS pada suatu perairan tinggi atau melebihi baku mutu yang ditetapkan, setidaknya akan memberikan sejumlah dampak sebagai berikut:

  • Menimbulkan kekeruhan pada air dan menurunkan penetrasi sinar matahari ke dalam air. Akibatnya, produktivitas primer perairan terganggu yang pada gilirannya menyebabkan terganggunya keseluruhan siklus rantai makanan.

  • Mengganggu proses respirasi pada biota perairan seperti ikan, dikarenakan partikel TSS akan tersaring oleh ingsang.

  • Membuat kualitas air menjadi menurun, dimana akan terjadi peningkatan suhu perairan sekitar secara signifikan.

  • Kandungan TTS yang melebihi baku mutu air minum akan berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi, seperti terjadinya peradangan pada ginjal.

Suatu perairan diindikasikan mengalami pencemaran, bisa terlihat secara fisik dari TSS karena kita dapat mengamati kenampakan TSS secara kualitatif. Fungsi TTS Meter Monitor dalam hal ini untuk menilai atau mengukur konsentasi secara kuantitatif, sehingga dapat diketahui apakah kadar TSS tersebut melampaui standar baku mutu yang ditetapkan.


TSS Meter Portable PARTECH 750W2 Monitor

Bagi Anda yang memiliki kebutuhan alat sejenis, Kami merekomendasikan TSS Meter Portable PARTECH 750W2 Monitor. Model 750W2 adalah model pengganti sekaligus pengembangan model 740 sebelumnya yang sudah tidak lagi diproduksi (discontinued). Produk produksi PARTECH Instruments, UK ini merupakan alat ukur TSS yang umumnya digunakan oleh para penggiat lingkungan, khusus dalam penanganan buangan limbah industri.

Keunggulan TSS Meter Portable PARTECH 750W2 Monitor akan kemampuannya untuk melakukan 5 (lima) unit pengukuran (measurements) terkait dalam 1 unit alat. Kelima parameter tersebut adalah : 1. TSS; 2. MMLS (Suspended Solids Mixed Liquor); 3. Tubidity (kekeruhan); 4. Sluidge Blanket (selimut lumpur); dan 5. Temperature (suhu). Memiliki panjang kabel 5 meter, sehingga dapat menjangkau kedalaman atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


Jika membutuhkan informasi lebih detail silahkan Hubungi Kami.


163 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page