top of page
Search
Writer's pictureLaboratorium Lingkungan

Viskometer - Viscometer

Updated: Jan 31, 2021

Viskometer - Viscometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur nilai ataupun range kekentalan (viskositas) suatu cairan (fluida).

Alat Viskometer - Viscometer - Alat Laboratorium Lingkungan Hidup

Pengertian dan Fungsi Viskometer - Viscometer

Mengenali Viskometer - Viskometer tidak bisa dilepaskan dari pengenalan kita terhadap viskositas (viscosity). Secara sederhana bisa diilustrasikan, jika kita menuangkan kedua jenis zat cair tersebut ke masing-masing gelas, maka kita akan menemukan fakta bahwa gelas yang kita isi dengan air mineral akan lebih cepat terisi, dibanding dengan gelas yang diisi madu. Kenapa, karena madu memiliki kadar viskositas lebih tinggi dibanding air mineral. Viskositas dalam hal ini berbeda dengan Densitas.

Secara ilmiah viskositas didefenisikan sebagai ketebalan atau pergesesekan internal dalam larutan atau fluida. Normatifnya, jika tingkat viskositas yang dimiliki oleh suatu fluida relatif tinggi, maka fluida tersebut lebih susah bergerak karena pergesekan internalnya tinggi. Sebaliknya, jika tingkat viskositas suatu fluida cukup rendah, maka fluida tersebut lebih mudah bergerak karena pergesekan internalnya rendah.

Fungsi Viskometer - Viscometer dalam hal ini adalah untuk mengukur atau menilai viskositas suatu cairan (fluida) secata kuantitatif, sehingga dapat diketahui berapa daya tahan dari aliran yang diberikan oleh suatu cairan dalam bentuk numerik. Dalam perkembangannya, fungsi viskometer tidak hanya digunakan untuk menganalisa viskositas fluida, tetapi juga telah dipercaya dapat mengukur tingkat kekentalan dari suatu zat cair secara akurat serta spesifik. Untuk kebutuhan berbagai industri misalnya, viskometer digunakan sebagai perangkat pengujian standar mutu produk berdasarkan standar viskositas yang ditetapkan oleh badan/instansi yang berwenang.


Cara Penggunaan Viskometer - Viscometer

Cara penggunaan pengukuran viskositas secara sederhana (konvesional) dapat dilakukan dengan metode viskometer Otswald, yakni dengan mengalirkan cairan melalui pipa gelas (gelas kapiler). Bila cairan itu mengalir cepat maka berarti viskositas dari cairan itu rendah. Alat ini menggunakan metode pengukuran waktu yang dibutuhkan suatu cairan untuk mengalir melalui pipa kapiler akibat gaya yang diakibatkan oleh berat dari cairan itu sendiri.

Pengukuran viskositas yang lebih modern adalah dengan metode pengukuran Rotational, menggunakan perangkat Rotary Viscometer berteknologi Digital. Dalam penggunaan alat Roratary Viscometer ini, kita bisa mendapatkan instrumen yang canggih yang secara rutin dapat menentukan viskositas absolut fluida dalam volume yang kecil sekalipun. Cara penggunaannya cukup mudah. Teknisnya, sebuah spindle (rotor) kita celupkan kedalam cairan yang akan diukur viskositasnya. Selanjutnya diputar dengan kecepatan tertentu. Gaya gesek antara permukaan spindle dengan cairan akan menentukan tingkat viskositas cairan.


Rekomendasi Model Rotary Viskometer - Viscometer

Bagi Anda yang memiliki kebutuhan alat ukur Viskometer model Rotary (Rotational) Kami merekomendasikan Rotary Viscometer Digital - GRAIGAR NDJ Series, yakni Rotary Viscometer GRAIGAR NDJ-5S dan Rotary Viscometer GRAIGAR NDJ-8S. Kedua model ini memiliki range pengukuran 1 – 100000 mPa.s (cP) untuk NDJ-5S dan 1 – 1000000 mPa.s (cP) untuk NDJ-8S. Dilengkapi 4 spindle (rotor) dengan varian kecepatan putar 6, 12, 30, 60 rpm/min yang memungkinkan anda melakukan pengukuran nilai viskositas pada kisaran tertentu.

Sama dengan model Viscometer Brookfield, Viscometer NDJ-5S dan NDJ-8S Digital menerapkan teknologi struktur mekanik canggih dengan teknologi kontrol komputer mikro yang menjamin keakuratan data. Dilengkapi teknologi LCD display dengan backlight biru berkecerahan tinggi, membuat tampilan data menjadi lebih jelas.


Tutorial penggunaan Rotary Viscometer dapat dilihat melalui video pada channel Youtube kami https://www.youtube.com/channel/UCvL_nwlqSgkq0F3V6w_NxZA. Jika membutuhkan informasi lebih detail silahkan Hubungi Kami.


2,179 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page