top of page
Search
Writer's pictureLaboratorium Lingkungan

Test Sieve - Ayakan Mesh

Updated: Feb 1, 2021

Test Sieve - Ayakan Mesh adalah alat yang digunakan dalam analisa ayakan (sieve analysis) untuk mengetahui distribusi ukuran partikel atau gradasi agregat suatu bahan.

Alat Test Sieve - Alat Laboratorium Lingkungan Hidup

Pengertian dan Fungsi Test Sieve – Ayakan Mesh

Test Sieve – Ayakan Mesh dibuat berdasarkan standar nilai ukuran suatu bahan atau partikel. Standar nilai ini adalah ukuran diameter nominal partikel yang dapat diterima oleh semua kalangan dan telah disepakati secara internasional. Nilai diameter nominal tergantung pada metode dalam menentukannya. Terdapat 2 metode yang umum digunakan untuk menilai diameter nominal suatu bahan atau partikel.

  1. Metode Ayakan atau Sieve Analysis. Diameter nominal ditentukan dengan menggunakan test sieve (ayakan mesh). Pada metode ini, nilai diameter nominal adalah ukuran lubang test sieve. Metode ayakan biasanya dilakukan untuk partikel yang memiliki ukuran lebih besar dari 44 mikron.

  2. Metode Sedimentasi atau Elutriasi. Diameter nominal ditentukan berdasarkan hukum Stoke, karena disebut juga dengan Diameter Stoke. Metode ini biasanya dilakukan untuk partikel yang memiliki ukuran lebih kecil dari 44 mikron.

Test sieve yang digunakan dalam metode ayakan (sieve analysis) umumnya diaplikasikan pada laboratorium tanah, laboratorium geologi dan sedimentasi, laboratorium metalurgi, serta pada laboratorium industri pertambangan. Test sieve merupakan salah satu alat ukur partikel yang sederhana, tetapi penggunaanya sangatlah luas untuk saat ini.


Cara Penggunaan Test Sieve – Ayakan Mesh

Cara peggunaan Test Sieve - Ayakan Mesh bisa langsung digunakan dengan secara manual ataupun tangan, dengan menggoyang atau mengetarkan dengan tangan. Cara ini digunakan pada test sieve tunggal untuk setiap ukuran.

Cara kedua adalah dengan menggunakan alat bantu mesin penggerak vibrator yang disebut dengan sieve shacker. Umumnya produsen atau pabrik pembuat test sieve juga memproduksi sieve shacker yang sesuai. Pada cara kedua ini pengayakan bisa sekaligus dilakukan untuk sejumlah ukuran test sieve. Test sieve disusun dengan ukuran lubang ayakan besar di atas dan ayakan berlubang kecil di bawah secara berurutan. Bahan sampel yang akan diayak dimasukkan ke dalam test sieve (ayakan) teratas.

Dalam mempresentasikan (analisa) ukuran dan distribusi partikel hasil pengayakan, biasanya digunakan grafik atau kurva dengan memplot berat data kumulatif partikel yang lolos dan ukuran lubang ayakan. Berat kumulatif lolos dinyatakan dalam persen dan ukuran lubang ayakan dinyatakan dalan bilangan logaritmik.

Hal penting terkait dengan penggunaannya adalah ukuran setiap lubang pada ayakan harus dijamin kesamaan dan akurasinya melalui proses kalibrasi. Karenanya setiap alat test sieve perlu untuk dikalibrasi dan disertifikasi sesuai standar internasional. Sementara untuk melakukan pembersihan terhadap alat, disarankan menggunakan Ultrasonic Cleaner sehingga partikel-partikel yang terjebak di dalam lubang alat tersebut bisa sepenuhnya terangkat, tanpa menimbulkan cacat pada alat.


Bentuk dan Model Test Sieve – Ayakan Mesh

Alat Test Sieve - Ayakan Mesh berbentuk seperti silinder dengan anyaman kawat berdiameter 0,0021 inchi yang dianyam membentuk lubang bujur sangkar. Diameter alat umumnya berukuran 8 inchi (sekitar 200 mm) dengan tinggi 2 inchi (50 mm) atau 1 inchi (25 mm). Sementara ukuran lubang test sieve dibuat secara standar dengan berbagai ukuran, yaitu antara 20 mikron sampai dengan 125 mm. Rentang pengukuran ini optimum bisa digunakan sebagai pengukur partikel pada analisa ayakan. Saat ini ukuran yang lazim digunakan untuk mengenali alat test sieve adalah Mesh sebagai pengganti Mikron.


Bagi Anda yang memiliki kebutuhan akan alat Test Sieve (Ayakan Mesh) kami merekomendasikan dari brand produksi RETSCH, Germany. Kerangka test sieve produksi Retsch terbuat dari material stainless steel solid dengan stabilitas tinggi dengan hasil pengayakan yang akurat. Sieve Test RESTCH didesain dengan standar persyaratan Mesh khusus, bersertifikasi internasional ISO 3310-1/ASTM E11. Test Sieve RETSCH tersedia dalam ukuran mesh (mesh size) 125 mm - 20 µm dengan diameter 203 mm (8 inchi).


Jika membutuhkan informasi lebih detail silahkan Hubungi Kami.


4,858 views1 comment

Recent Posts

See All

1 Comment


SALIM OEMAR
SALIM OEMAR
Aug 16, 2023

Saya ada test sieve RETSCH Germany, satu set 10 unit,kondisi NOS, mungkin berminat Hub WA 081586123814

Like
bottom of page