top of page
Search
Writer's pictureLaboratorium Lingkungan

Vibration Meter LANDTEK VM-6360

Vibration Meter adalah alat ukur yang digunakan untuk menditeksi atau mengetahui kekuatan dan pola (displacement) getaran pada komponen mekanis atau mesin suatu benda.

Alat Vibration Meter - Alat Laboratorium Lingkungan Hidup

Pengertian dan Fungsi Vibration Meter

Fungsi vibration meter pada dasarnya adalah sebuah alat pengukur yang dirancang khusus dalam menditeksi atau mengukur getaran pada sebuah benda tertentu. Benda dalam hal ini adalah sebuah komponen mekanis (mesin) yang bekerja sesuai peruntukannya. Penggunaan vibration meter sebagai penditeksi, memungkinkan kita dapat meminimalisir kerusakan mesin yang akan mengakibatkan kerugian lebih lanjut.

Guna mendukung fungsinya, kemampuan pengukuran vibration meter dikembangkan untuk dapat menditeksi sejumlah parameter (unit pengukuran) yang dihasilkan dari sebuah getaran pada mesin. Dalam hal ini, fungsi vibration meter modern setidaknya memiliki kemampuan dasar untuk mengukur unit pengukuran sebagai berikut :

  • Displacement - adalah ukuran dari jumlah gerakan yang ada di massa suatu benda. Displacement menjadi perubahan tempat atau posisi dari benda tersebut, bisa maju atau mundur.

  • Velocity - secara singkat diartikan sebagai kecepatan getaran, yakni jumlah waktu yang dibutuhkan ketika terjadinya displacement. Velocity bisa disebut sebagai indikator yang paling baik untuk mengetahui apakah ada masalah vibrasi yang terjadi.

  • Acceleration - di dalam praktik pengukuran vibrasi berguna untuk menghitung percepatan getaran yang ada. Acceleration berguna ketika muncul velocity, namun tidak semua tipe mesin bisa diukur akselerasinya.

Cara Penggunaan dan Model Alat Vibration Meter LANDTEK VM-6360

Cara menggunakannya relatif mudah, kita cukup menempelkan sensor vibration maupun magnetic base pada benda yang akan diukur. Nantinya, akan muncul sebuah data angka kekuatan getaran di layar pengukur pada alat.

Secara teknis, langkah pertama yang dilakukan adalah menghidupkan alat dengan menekan tombol ON/OFF dan dipastikan menyala optimal. Selanjutnya adalah menempelkan sensor vibration atau magnetix base yang ada ke bagian mesin yang akan diukur. Dari sensor vibration yang ada inilah, akan muncul data yang dikirimkan ke bagian dynamic signal analizer dan secara numerik akan tampil (terbaca) di display layar LCD.


Bagi Anda yang memiliki kebutuhan alat Vibration Meter, Kami merekomendasikan model alat Vibration Meter LANDETK VM-6360. Model ini adalah model lengkap yang mencakup seluruh paramater dasar dalam pengukuran geratan (Acceleration, Velocity, Displacement and

RPM reading). Vibration Meter LANDTEK VM-6360 menggunakan akselerator eksternal dan magnetic base untuk meningkatkan respon frekuensi serta menyediakan pembacaan getaran lebih banyak secara berulang. Model ini didesain dalam bentuk Portable, sehingga dapat digunakan berpindah-pindah. Disamping itu juga, harga unitnya relatif ekonomis.


Jika membutuhkan informasi lebih detail silahkan Hubungi Kami.


8 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page