top of page
Search
Writer's pictureLaboratorium Lingkungan

Densitometer McFarland - Densitometer DEN-1B

Updated: Feb 17, 2021

Densitometer McFarland - Densitometer DEN-1B adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar atau nilai kekeruhan (turbiditas) suspensi sel. Alat Densitometer McFarland dirancang berdasarkan standar nilai perhitungan jumlah sel McFarland.

Densitometer McFarland - Densitometer DEN-1B

Pengertian dan Fungsi Densitometer McFarland

Densitometer berbeda dengan Turbidimeter. Densitometer mengukur turbiditas (kekeruhan) larutan dengan unsur tersuspensi pada tingkat sel mikro, sementara Turbidimeter pada unsur partikel makro. Alat ini memberikan peluang untuk mengukur turbiditas dalam kisaran yang lebih besar, dengan dengan unit satuan pengukuran yang jauh lebih kecil. Alat densitometer dibuat berdasarkan rumusan perhitungan sel McFarland, sehingga perhitungan nilai kekeruhan sel tersuspensi tidak lagi dilakukan secara manual.

Fungsi utama Densitometer McFarland adalah mengukur suspensi sel. Disamping itu juga digunakan untuk pengukuran konsentrasi sel (bakteri, sel ragi) selama proses fermentasi, penentuan sensitivitas mikroorganisme terhadap antibiotik, identifikasi mikroorganisme menggunakan berbagai sistem uji. Juga untuk pengukuran penyerapan pada panjang gelombang tertentu, serta untuk estimasi kuantitatif dari konsentrasi larutan warna (menyerap lampu hijau).

Prinsip kerja Densitometer adalah Penyerapan dan Penghamburan cahaya. Ketika cahaya dari sumber cahaya berupa dari lampu LED dilewatkan dalam larutan sampel, maka sel tersuspensi dalam larutan akan menyerap energi cahaya dimaksud. Selanjutnya oleh sel cahaya akan dihamburkan kembali ke segala ke arah dan dideteksi oleh perangkat photodetector pada unit alat sebagai nilai turbiditas suspensi sel.

Densitometer DEN-1B

Densitometer DEN-1B adalah sebuah model alat Densitometer McFarland. Densitometer DEN-1B dirancang untuk pengukuran suspensi sel dalam kisaran 0.0 – 0.6 McFarland unit (0 – 180 x 10.000.000 sel/ml). Densitometer DEN-1B bekerja dalam panjang gelombang λ = 565 ±15 nm dari sumber cahaya lampu LED. Memiliki rentang pengukuran 1.00 – 15.00 McF dengan resolusi hingga 2 digit (0.01), akurasi ±3 %, serta waktu pengukuran 1 detik. Model Densitometer DEN-1B saat ini diproduksi oleh brand Biosan dan Grant Instruments.


Cara penggunaan Densitometer DEN-1B, diuraikan sebagai berikut :

  1. Sambungkan perangkat external power supply pada densitometer.

  2. Nyalakan external power supply dengan memutar power switch pada panel yang tersedia.

  3. Jika telah dinyalakan akan muncul indikasi pada lampu indikator “ON”.

  4. Sementara pada display terbaca pemberitahuan berupa : “0.0” – perangkat telah dikalibrasi dan siap dioperasikan (jika idak ada sambungan yang dimasukkan); “CC” –perangkat belum dikalibrasi – kalibrasi perangkat; dan “EE” – Pesan error – matikan perangkat dan nyalakan lagi.

  5. Selanjutnya, Goyangkan tabung dan tempatkan ke dalam sambungan (socket) pada unit alat

  6. Nilai McFarland kemudian akan muncul pada display

  7. Tabung plastic dan tabung gelas (dengan diameter luar 16mm dan 18mm) dapat digunakan dengan Densitometer DEN-1B.

  8. Pada akhir pengoperasian, matikan perangkat dengan power switch.

Jika membutuhkan informasi lebih detail silahkan Hubungi Kami.


30 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page